Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan Dan Kekurangan

FAST DOWNLOADads
Download
Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan - Sejarah telepon kabel atau wireline bermula dari inovasi alat komunikasi yang bisa menghubungkan antara dua orang pada jarak yang berjauhan dalam bentuk suara, dengan memakai santunan kabel. Tepatnya pada tahun 1871 oleh seorang yang berjulukan Antonio Meucci. Penemuannya ini dinamakan dengan Sound Telegraph. Dari sinilah awal mula perkembangan telepon kabel pertama kali. Dan sehabis melalui banyak sekali perkembangan, hingga kini telepon wireline ini masih dipakai dimana-mana. Bahkan kemudian dalam perkembangannya telepon kabel berkembang pula menjadi telepon nirkabel atau tanpa kabel (wireless).
Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan
Wireline ialah media transmisi dengan memakai kabel sebagai mediator antara pengirim dan penerima. Wireline biasanya dipakai untuk jaringan di erat menyerupai di kantor atau gedung. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kabel sanggup dipakai untuk jaringan komunikasi jarak jauh, menyerupai telepon dan koneksi Internet.

  1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network ialah jaringan yang terdapat di gedung atau kantor. Umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN dipakai untuk menghubungkan komputer yang terdapat di gedung atau kantor. Komputer terhubung untuk membuatkan sumber daya yang ada di kantor. LAN memungkinkan perusahaan atau pabrik untuk memakai sumber daya (seperti printer) bersama-sama. Selain itu LAN juga memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain dan bertukar informasi. Komputer yang terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer, bahkan sebagian besar LAN juga dipakai untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network ialah versi jaringan LAN yang lebih besar. MAN umumnya dipakai untuk menghubungkan beberapa kantor yang terletak berdekatan. Misalnya, kantor-kantor pemerintah yang ada di kota, sanggup dihubungkan dengan MAN. Ini dibentuk untuk tujuan membuatkan data antara satu biro dan yang lain. MAN bisa mendukung data dan suara, dan bahkan sanggup bekerjasama dengan jaringan televisi kabel.

  1. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network ialah jaringan komputer yang meliputi wilayah yang sangat luas dalam hal geografi. WAN hanya sanggup meliputi suatu negara atau benua.

  1. Internet
Internet ialah jaringan komputer yang sangat besar yang sanggup meliputi seluruh dunia. Orang yang terhubung ke Internet berarti bahwa mereka terhubung ke semua komputer di dunia yang juga terhubung ke Internet.

JENIS-JENIS KABEL WIRELINE
  1. Kabel terpilin
Kabel ini umumnya dipakai sebagai konektor telepon dengan kanal telepon. Masing-masing dari dua kabel diputar satu sama lain untuk mengurangi interferensi elektromagnetik ke kabel lain atau ke sumber eksternal. Kabel ini juga sanggup dipakai untuk menghubungkan komputer dalam jaringan dengan menghubungkannya dengan hub dan switch.

  1. Kawat koaksial
Kabel ini ialah kabel yang dibungkus logam lunak dan mempunyai tingkat transmisi yang tinggi jikalau dibandingkan dengan kabel bengkok. Namun, harganya relatif lebih mahal. Kabel ini biasanya dipakai untuk menghubungkan peralatan video, jaringan radio, dan juga untuk jaringan komputer, terutama Ethernet.

  1. Kabel Serat Optik
Kabel ini terdiri dari serat - serat optik, yang serat terbuat dari serat beling yang sangat tipis pada diameter rambut manusia. Kabel ini mempunyai kecepatan transfer data 10 kali kabel koaksial. Kabel ini umumnya dipakai untuk mentransmisikan data digital dari jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada jaringan kabel lain atau tanpa kabel.

Meskipun ketika ini banyak periferal nirkabel, beberapa pengguna masih menentukan perangkat berkabel, alasannya ialah mempunyai beberapa laba dibandingkan perangkat nirkabel. Kelebihan dan kekurangan jaringan kabel, antara lain :

 Kelebihan Jaringan Wireline
  1. Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps,
  2. Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat,
  3. Transmisi data berjalan dengan lancar
  4. Biaya peralatan terjangkau

Kekurangan Jaringan Wireline
  1. Penggunaan terbatas pada satu kawasan yang terjangkau kabel,
  2. Waktu untuk instalasi lama
  3. Membutuhkan kawasan dan lokasi jaringan permanen
  4. Membutuhkan biaya perawatan rutin
  5. Sulit untuk berpindah tempat

Demikian info ihwal Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan. Maaf jikalau ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap info ini bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post